Uncategorized

Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Idul Adha Sesuiai Sunnah (Lengkap)

Niat dan tata cara sholat idul adha – Hari raya idul adha tinggal sebentar lagi dan mungkin kamu lupa niat dan tata cara sholat idul adha karena tidak sering dilakukan, sholat idul adha di lakukan 1 tahun 1 kali, jadi besar kemungkinan banyak orang yang lupa dengan niat dan tata cara sholat idul adha.

Nah pada kesempatan baik ini mimin akan sharekan niat dan tata cara sholat idul adha sesuai sunnah lengkap. Sebelum ke tata cara sholat idul adha ada baiknya kamu baca dulu waktu sholat idul adha dan berapa rakaat sholat idul adha. Selamat membaca.

Pengertian Sholat Idul Adha
Apa itu sholat idul adha? Idul adha (Arab: عيد الأضحى‎) adalah hari raya Islam. Pada hari idul adha di peringati kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim AS, bersedia untuk mengorbankan anaknya untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala, kemudian sembelihan itu digantikan dengan domba olah Allah SWT.

Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat idul adha bersama-sama di tanah lapang atau di masjid. Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan kurban seperti domba, sapi dan lain lain, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.

Pusat perayaan Iduladha adalah sebuah desa kecil di Arab Saudi yang bernama Mina, dekat Mekkah. Di sini ada tiga tiang batu yang melambangkan Iblis dan harus dilempari batu oleh umat Muslim yang sedang naik Haji.

Idul adha merupakan puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Terkadang Idul adha disebut juga sebagai Idul Qurban atau Lebaran Haji.


Waktu Sholat Idul Adha

Syarat dan rukun sholat Idul Adha tidak terlalu jauh berbeda dengan sholat Idul Fitri. Tidak terdapat adzan serta iqamah yang mendahului kedua sholat tersebut. Hari raya iduladha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, dan pelaksanaan sholat Idul Adha sedikit lebih awal dibandingkan shalat Idul Fitri. Sholat Idul Adha di mulai ketika matahari sudah setinggi tombak hingga waktu zawal, yaitu saat matahari bergeser ke arah barat.

Bacaan Sholat Idul Adha

Bacaan yang di lafalkan pada sholat Idul Adha adalah takbir yang berbunyi: “Subhanallah walhamdulillah walailaha illallah wallahu akbar”. 

Artinya : “Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah dan tiada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar”.

Jumlah Rakaat Sholat Idul Adha

Berapa rakaat sholat idul adha? Rakaat Sholat Idul Adha sama seperti sholat Idul Fitri yaitu 2 rakaat dan diakhiri dengan khutbah.

Khutbah Sholat Idul Adha

Khutbah adalah cermah atau pidato, khutbah sholat idul adha dilakukan sesudah sholat idul adha, tapi ada juga dibeberapa tempat yang khutbah sebelum pelaksanaan sholat idul adha. Khutbah yang cocok bertamakan tentang kurban atau naik haji.

Tata Caranya Sholat Idul Adha

Pertama, shalat ied di dahului niat yang jika dilafalkan akan berbunyi “ushallî rak‘ataini sunnata li ‘îdil adlhâ” kalau dilaksanakan sendirian. Ditambah “imâman” kalau menjadi imam, dan “makmûman” kalau menjadi makmum.

أُصَلِّيْ  سُنَّةً لعِيْدِ اْلأَضْحَى رَكْعَتَيْنِ (مَأْمُوْمًاإِمَامًا) لِلهِ تَعَــــــــالَى

Artinya: “Aku berniat shalat sunnah Idul Adha dua rakaat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta’ala.”

Kedua, takbiratul ihram sebagaimana sholat biasa. Setelah membaca doa iftitah, takbir lagi hingga tujuh kali untuk rakaat pertama. Di antara takbir-takbir itu dianjurkan membaca:

للهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا، وَالْحَمْدُ لِلهِ كَثِيرًا، وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

Artinya: “Allah Maha Besar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, Maha Suci Allah, baik waktu pagi dan petang.”

Atau boleh juga membaca:


سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ

Artinya: “Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah maha besar.”

Ketiga, membaca Surat al-Fatihah. Setelah melaksanakan rukun ini, dianjurkan membaca Surat al-A’lâ. Berlanjut ke ruku’, sujud, duduk di antara dua sujud, dan seterusnya sampai berdiri lagi seperti sholat biasa.

Keempat, dalam posisi berdiri kembali pada rakaat kedua, takbir lagi sebanyak 5x sambil mengangkat tangan dan melafalkan “allâhu akbar” . Di antara takbir-takbir itu, bacakan kembali bacaan sebagaimana dijelaskan pada langkah ke 2.

Setalah membaca Surat al-Fatihah, pada rakaat kedua ini dianjurkan membaca Surat al-Ghâsyiyah. Berlanjut ke ruku’, sujud, dan seterusnya hingga salam.

Itulah niat dan tata cara sholat idul adha, Minal ‘Aidin wal-Faizin, Semoga Bermanfaat dan Terima kasih.


Penulis: marzep.com

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close