Cara Menggunakan Threads agar Tak Menjadi Korban Kejahatan Siber

loading…

Cara Menggunakan Threads. FOTO/ CNET

LONDON – Media sosial Threads tengah berupaya untuk bisa menandingi kompetitornya. Sejumlah pembaruan terus dihadirkan, termasuk peningkatan fitur keamanan agar pengguna bisa terhindar dari kejahatan siber.

Perusahaan keamanan siber, Kaspersky pun telah memberikan beberapa tips tentang cara menggunakan fitur keamanan di platform tersebut. Ini dilakukan agar data pribadi tetap terlindungi dan terhindar dari para scammers.

Lantas bagaimana tipsnya? Berikut ini adalah paparannya:

1. Kelola pengaturan keamanan

Yang perlu dilakukan agar tetap aman saat bermain Threads tetap adalah dengan menyiapkan otentikasi dua faktor (2FA). Penggunaan 2FA menjadi lapisan keamanan yang melindungi akun dari akses tidak sah.

Pengelola kata sandi modern yang andal juga dapat membuat dan menyimpan kata sandi unik satu kali untuk 2FA, itulah mengapa tidak perlu menginstal dan menggunakan solusi terpisah untuk autentikasi.

Jika ingin berhenti menggunakan Threads sebaiknya nonaktifkan akun. Untuk melakukan ini, pengguna perlu membuka Pengaturan -> Akun -> Nonaktifkan profil dan tekan Nonaktifkan profil Thread.

3. Batasi koneksi dengan orang lain

Untuk menjaga privasi, batasi pengguna yang dapat menghubungi dengan cara membisukan, membatasi, atau memblokir mereka. Jika tidak ingin melihat postingan seseorang, nonaktifkan pengguna tersebut.

Jika tidak ingin menerima pemberitahuan tentang tindakan seseorang seperti menyukai, membalas, dan sebagainya, batasi pengguna tersebut. Jika ingin menghilang dari seseorang, blokir akun tersebut.

Untuk membisukan, membatasi, atau memblokir seseorang, buka profilnya, klik tiga titik di sudut kanan atas dan pilih tindakan (action).

4. Gunakan pemfilteran otomatis

Seperti diketahui, pengguna Threads dapat memantau dan mengatur siapa yang dapat menyebut dirinya di postingan dengan simbol ‘@’. Threads mencoba melawan bahasa yang menyinggung, sehingga pengguna dapat memfilternya dalam tanggapan terhadap postingan mereka.

Platform menawarkan beberapa alat, seperti pemfilteran otomatis dengan daftar bawaan atau menambahkan frasa dan kata tertentu secara manual.

(wbs)