Lifestyle

Cara Mudah Menghindari Kosmetik Berbahaya

Wadahmaya.com | Kosmetik merupakan suatu hal yang paling berperan bagi wanita dalam mempercantik diri. Banyaknya jenis kosmetik membuat para konsumen untuk memilih kosmetik mana yang sesuai dengannya. Dalam pemilihan kosmetik ada hal yang harus diperhatikan oleh konsumen. Apakah itu? Pastinya penasarankan? Yaitu kosmetik yang anda gunakan itu berbahaya apa tidak? Yang melatarbelakangi berbahaya atau tidak ini karena temuan dari BPOM adanya kosmetik yang berbahaya yang beredar dipasaran. Dampaknya apa? Dampaknya adalah adanya rasa kekhawatiran konsumen untuk menggunakan produk kosmetik. Oleh karena itu dalam pemilihan kosmetik dilakukan secara hati-hati dengan memperhatikan cirri-ciri sebuah kosmetik berbahaya atau tidak bagi kita. Berikut Cara Mudah Menghindari Kosmetik Berbahaya

Cara Menghindari Kosmetik Berbahaya

Apa saja ciri-ciri kosmetik yang berbahaya ini?

Aromanya kuat atau baunya tidak enak
Jika aroma kuat kemungkinan bisa daitambahkan bahan parfum yang berbahaya. Dan bila baunya tidak enak kemungkinan kosmetik tersebut mengandung jamur atau bakteri atau sudah kadarluwarsa.

Kelihatan bintik-bintik jamur
Adanya jamur dicirikan dengan penampakan bintik-bintik pada permukaan krim.

Warna yang terlalu mencolok
Hati-hati ya, kemungkinan kandungan pewarnanya kuat yang berasal dari pewarna berbahaya. Contohnya Rhodamin B yang digunakan sebagai tinta atau pewarna kertas atau tekstil.

Dapat timbul jerawat, kemerahan, panas, dan pedih jika terkena kulit
Jika penggunaan kosmetik menimbulkan efek seperti yang diatas, maka jangan ragu-ragu untuk menghentikan penggunaan kosmetik tersebut. Bisa kemungkinan kosmetik tersebut berbahaya atau mungkin tidak cocok dengan kulit anda meskipun telah melewati uji keamanan.

Mengandung bahan berbahaya
Apa saja bahan yang berbahaya? Jika pada komposisi tertera bismut oksi klorida (BiOCl), titanium oksida (TiO2), atau serbuk logam (mika, tembaga, almunium) sebaiknya jangan dibeli karena bahan tersebut untuk produk pemutih.

Warna berubah jadi lebih keruh atau lebih muda
Merupakan suatu ciri suatu kosmetik yang telah kadarluwarsa.

Tidak terdapat kode dari BPOM pada kemasan produk
BPOM merupakan badan yang berwenang mengawasi produk-produk kosmetik yang beredar di pasaran. Jika ada kode dari BPOM maka produk tersebut telah lulus uji dan dinyatakan aman oleh BPOM.

Nah, itulah Cara Menghindari Kosmetik Berbahaya. sekian dulu postingan kali ini. semoga bermanfaat bagi anda. jika ada pertanyaan silahkan komentar dibawah ini.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close