Hasil Piala Dunia FIBA 2023: Timnas Basket Jerman Kalahkan Amerika Serikat, Jumpa Serbia di Final

TEMPO.CO, Jakarta РTimnas basket Jerman lolos ke babak final Piala Dunia FIBA 2023. Mereka menaklukkan Amerika Serikat dengan skor ketat 111-113 di Mall of Asia Arena Manila Filipina, Jumat, 8 September 2023.

Jerman memulai laga dengan susah payah saat melawan tim yang difavoritkan juara itu, Namun, mereka mendominasi paruh kedua sehingga lolos ke final.

Jerman telah mencatat tujuh kemenangan dan tak pernah terkalahkan sepanjang perhelatan Piala Dunia FIBA 2023. Kini kecemerlangan mereka berlanjut di semifinal, saat melawan tim asal negara NBA.

Kemenangan ini tidak didapat dengan mudah. Pada paruh pertama laga, kedua tim saling mengejar poin dengan selisih tak lebih dari 10 angka. Bahkan terjadi sembilan kali perpindahan keunggulan di babak pertama.

Berdasarkan statistik pertandingan yang dikutip dari laman resmi FIBA, catatan performa kedua tim amat identik di atas kertas.

Akan tetapi Jerman berhasil memegang kendali di babak kedua, dan tak pernah membiarkan AS menyusul hingga akhir laga.

Iklan

Kedua tim sama-sama mencatatkan akurasi tembakan 58 persen. AS menangkap bola pantul sebanyak 28 rebound, sementara Jerman unggul tipis 30 rebound. Begitu pula dengan catatan statistik lainnya seperti assist, steal, blok, dan lainnya yang hanya berbeda tipis.

Ketiga pemain Jerman mencatatkan skor di atas 20 poin, yakni Andreas Obst 24 poin, Franz Wagner 22 poin, dan Daniel Theis 21 poin. Ditambah pula dengan 17 poin dari Dennis Schroder, dan Johannes Thieman beserta Moritz Wagner yang sama-sama mencatat 10 poin.

Dari AS, Anthony Edwards mencetak 23 poin, Austin Reaves 21 poin, Mikal Bridges 17 poin, dan Jalen Brunson 15 poin.

Selanjutnya, Jerman akan berhadapan dengan Serbia di partai final Piala Dunia FIBA 2023 pada Minggu, 10 September. Sementara AS akan menghadapi Kanada untuk memperebutkan medali perunggu di hari yang sama.

Pilihan Editor: Rekap Hasil China Open 2023: Hanya Satu Wakil Indonesia Lolos ke Semifinal