Kaesang Ingin Terjun ke Dunia Politik, Rocky Gerung: Jangan Nebeng Kekuasaan Ayahmu!

Suara.com – Pengamat politik Rocky Gerung tidak masalah apabila anak-anak Presiden Joko Widodo atau Jokowi seperti Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep terjun ke dunia politik. Namun, hal terpenting menurutnya ialah autentisitas dari masing-masing pribadi meski membawa nama ayahnya.

Kekinian, Kaesang disebut Gibran memiliki ketertarikan untuk terjun ke dunia politik. Bahkan Jokowi dibuat kaget dengan keinginan Kaesang tersebut.

Rocky Gerung mengatakan bahwa budaya dinasti politik itu bukan hanya dilakukan Jokowi. Sebelumnya sudah ada Presiden ke-1 RI Soekarno yang perjalanan politiknya dilanjutkan oleh putrinya Megawati Soekarnoputri.

Putri Megawati yakni Puan Maharani juga mengikuti jejak ibu sebagai politisi PDIP.

Baca Juga:
Anak Bungsu Jokowi Niat Terjun ke Politik, Demokrat Buka Pintu buat Kaesang: Silakan kalau Mau Gabung

“Tetapi kita membedakan tadi kemampuan seseorang tampil di publik dan orang ‘oh, iya, dia memang darah SBY, Mega, Amien Rais’ tetapi mereka autentisitas, punya kapasitas sendiri-sendiri itu dan karena itu mereka harusnya bersaing tanpa bawa-bawa nama orang tuanya,” kata Rocky dalam diskusi yang ditayangkan YouTube Rocky Gerung Official, Rabu (25/1/2023).

Foto Kaesang Pangarep (Instagram/uzoneindonesia)

Rocky Gerung juga mau kalau anak-anak dari tokoh politik itu tidak membawa nama orangtuanya saat terjun ke dunia politik.

“Jadi jangan nebeng pada sesuatu yang orang anggap, oh, itu kan fasilitas negara itu kan kekuasaan ayahmu atau ibumu, itu yang ingin kita pisahkan,” tuturnya.

Bikin Jokowi Syok

Diberitakan sebelumnya, Kaesang tertarik terjun ke dunia politik. Bahkan ketertarikan Kaesang ke dunia politik sudah sampaikan langsung ke bapak Presiden Jokowi dan kakak Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga:
PPP Siap Dukung Kaesang Maju Pilkada jadi Suksesor Gibran di Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membenarkan jika sang adik ada ketertarikan terjun ke dunia politik. Ini disampaikan langsung Kaesang saat makan bareng bersama bapak.

“Kemarin bersama bapak tidak ada pembicaraan serius ke situ (pilgub), tapi lebih ke pembangunan saja. Tapi mungkin kemarin yang kita bicarakan di meja makan malah Kaesang. Dia secara terbuka menyampaikan ke saya dan bapak, ada ketertarikan ke politik,” kata Gibran saat ditemui, Selasa (24/1/2023).

Gibran bersama Presiden Jokowi merasa kaget dengan pernyataan Kaesang yang tertarik ke politik. Untuk membangun dan ikut membantu.

“Aku yo kaget tenan ora. Bapak yo kaget,” katanya.