Kunjungan Turis di Turki Kalahkan Indonesia, Sandiaga Beberkan Penyebabnya

TEMPO.CO, JakartaMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjelaskan sejumlah fakta soal penilaian tentang kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) Indonesia yang kalah jauh dengan Turki, yakni terkait infrastruktur pendukung dan akses masuk. 

Hal itu disampaikan Sandiaga Uno dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI. Dia menjawab pertanyaan Anggota Komisi X DPR RI Andreas Hugo Pareira.

Dalam raker tersebut, Andreas menyebut kunjungan wisman ke Turki hingga Desember 2022 lalu telah mencapai 50 juta wisman. Capaian tersebut dinilainya masih jauh dibandingkan Indonesia yang hingga November 2022 baru mencapai 4,58 juta wisman.

“Turki itu mereka Desember sudah hampir 50 juta turis. Ini angka yang dibanding kita jauh sekali. Ini luar biasa. Tapi okelah, kita harus tetap berjuang perbaiki bagaimana meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia,” kata Andreas¬†yang dipantau secara daring di Jakarta, Rabu 25 Januari 2023.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Sandiaga Uno mengatakan Turki bisa mencapai angka kunjungan wisman bukan dalam waktu singkat.

Ia menilai Turki telah melakukan upaya luar biasa untuk mendukung sektor pariwisata salah satunya dengan membangun infrastruktur dasar berupa bandar udara.

“Saya menggarisbawahi Turki itu bisa mencapai 50 juta tentunya bukan dalam waktu yang singkat tapi mereka berinvestasi secara luar biasa dimulai dari infrastruktur dasar seperti airport,” katanya.

Selanjutnya: Turki merupakan negara yang bisa diakses dengan mudah melalui jalur darat …