Pesan Keras Ketum PSSI Erick Thohir untuk Seluruh Suporter Klub Liga 2 2023/24

FIBA Central Board Member, Erick Thohir. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, bersyukur kick-off Liga 2 Indonesia 2023/24 berlangsung sesuai jadwal, Minggu (10/9/23). Tujuh pertandingan pekan pertama berjalan lancar.

Diketahui, Liga 2 musim ini diikuti 28 klub yang dibagi rata empat grup. Partai pembuka digelar di Stadion Surajaya antara tuan rumah Persela Lamongan vs Persijap Jepara.

“Syukur Alhamdulillah akhirnya hari ini Pegadaian Liga 2 2023/24 resmi digelar. Semua ini wujud komitmen kami di PSSI untuk terus memperbaiki sepak bola Indonesia,” kata Erick Thohir.

Ketum PSSI berharap banyak pemain muda yang lahir dari Liga 2, sehingga bisa menjadi tulang punggung timnas Indonesia di masa depan.
 
“Saya meyakini kompetisi adalah faktor terpenting dalam menciptakan sepak bola Indonesia yang lebih baik. Dalam kompetisi ada ajang untuk memantau pemain dalam pembentukan timnas Indonesia,” imbuhnya.

Dengan bergulirnya kompetisi Liga 2, PSSI berharap industri sepak bola yang dicita-citakan akan lebih cepat terwujud. Sebab, banyak UMKM yang terbantu setiap kali ada pertandingan di daerah.

Namun, Erick Thohir memberikan satu peringatan keras yang ditujukan ke suporter agat tidak berulah atau rusuh saat mendukung tim kebanggaan. Kalah, menang dan seri adalah hal lumrah dalam pertandingan.

Apalagi, sudah ada aturan tegas bahwa suporter tamu dilarang hadir atau melakukan awayday. Hal itu harus dipatuhi demi kelancaran kompetisi.

“Ekonomi di tempat laga digelar juga ikut tergerak. Marilah kita jaga bersama kompetisi sepak bola Indonesia, termasuk Liga 2 ini agar dapat berjalan fair tanpa ada kerusuhan antarsuporter,” tandas Erick Thohir.

Ada pun format Liga 2 2024 adalah 28 klub dibagi dalam empat grup dengan masing-masing berisi tujuh klub. Babak grup dilakukan dengan sistem home-away.

Tiga tim teratas masing-masing grup akan melaju ke babak 12 besar, yang kemudian dibagi lagi menjadi tiga grup dan menjalani laga home-away.

Masing-masing juara grup di babak 12 besar otomatis melaju ke semifinal Liga 2 2023/24 dan ditambah satu runner-up terbaik.

Format semifinal tetap home-away, begitu pula laga final. Tim juara Liga 2 2023 akan mendapat uang hadiah lebih dari Rp2 miliar.

Sedangkan 16 klub yang tak lolos ke babak 12 besar, akan dibagi kembali dalam empat grup dan menjalani pertandingan untuk menentukan siapa yang bertahan di Liga 2 dan terdegradasi ke Liga 3 (sistem home-away). 

Berikut rekap pertandingan hari pertama pekan ke-1 Liga 2 2023/24.

Persela Lamongan 2-0 Persijap Jepara
Persiba Balikpapan 0-2 Sulut United
Gresik United 2-0 Persekat Tegal
Sriwijaya FC 2-0 Sada Sumut FC
Semen Padang 2-0 PSDS Deli Serdang
Kalteng Putra 1-1 Persipura Jayapura
PSKC Cimahi 1-1 Malut United